9 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Jawa yang Wajib Dikunjungi

JAKARTA, Spot19 Sebelum musim libur tiba, ada baiknya sobat menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan agar tidak ada yang tertinggal. Salah satu yang paling penting adalah kemana tujuan liburan sobat nantinya. Jika sobat berniat untuk liburan di Pulau Jawa, berikut kami rekomendasikan tempat wisata terbaik di Pulau jawa yang wajib sobat kunjungi.

Baca juga: 5 Spot Wisata Misterius di Yogyakarta

1. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng. Pict by IG @afif.rmdhn
Telaga Warna Dieng. Pict by IG @afif.rmdhn

Siapa tidak kenal dengan kawasan wisata Dieng? Dataran tinggi Dieng memiliki pesona yang tidak bisa dipungkiri oleh siapapun. Pemandangan sunrise yang menakjubkan menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan local dan mancanegara. Selain daripada itu Dieng memiliki pesona lainnya yaitu Telaga Warna, yang memiliki pesona air telaga yang berubah-ubah warnanya. Mulai dari hijau, kuning, ungu, hingga warna pelangi yang terlihat menawan. Suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah akan mampu menghilangkan segala penat yang ada. Lokasi Telaga Warna di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Lokasi Tempat Belanja Paling Hits di Jogja

2. Bromo dan Semeru

Bromo. Pict by IG @mymypitta
Bromo. Pict by IG @mymypitta

Jika menyebutkan tempat wisata terbaik di Pulau Jawa, pasti akan tercantum nama Bromo dan Semeru. Kedua destinasi ini bahkan mendapatkan predikat tempat wisata terbaik di Indonesia. Sensasi petualangan yang pasti tidak terlupakan buat sobat yang hobi berpetualang. Untuk mencapai ke puncaknya memang tidak mudah tetapi perjuangan sobat akan terbayar lunas dengan menikmati indahnya sinar matahari terbit dipagi hari. Suasana yang asri, udara yang dingin menusuk tulang menjadi keunikan dan kenangan yang indah yang akan membuat sobat rindu untuk kembali lagi. Lokasi Bromo dan Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: 5 Rekomendasi Wisata Akhir Pekan di Gianyar Bali

3. Kawah Ijen

Kawah Ijen. Pict by IG @yunoszakari
Kawah Ijen. Pict by IG @yunoszakari

Danau yang terbentuk secara alami karena letusan gunung Ijen yang masih aktif akhirnya membentuk cekungan besar dan menjadi sebuah danau. Yang menjadi daya tarik Kawah Ijen adalah blue fire-nya yang pantang dilewatkan untuk disaksikan. Api biru ini akan muncul dari tengah-tengah danau secara alami, dan dapat terlihat saat dini hari menjelang matahari terbit sekitar pukul 05.00 WIB. Lokasi Kawah Ijen di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Baca juga: Mengunjungi Berbagai Tempat Wisata Sejarah di Palembang

4. Pulau Panjang

Pulau Panjang Jepara. Pict by IG @rizqinafilaaa
Pulau Panjang Jepara. Pict by IG @rizqinafilaaa

Kota Jepara, jawa Tengah selain terkenal dengan kerajinan ukiran kayu jatinya, juga memiliki pantai cantik yang hits di kalangan traveller. Untuk menuju Pulau Panjang ini, sobat harus menggunakan perahu dari Pulau Kartini dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Pulau ini memiliki pasir putih yang indah lengkap dengan airnya yang jernih yang menjadikan pulau ini menjadi pilihan destinasi pilihan wisata bahari. Di bagian tengah pulau terdapat hutan tropis yang membuat suasananya begitu asri dan tenang. Lokasi Pulau Panjang ini di Ujungbatu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara.

Baca juga: 4 Destinasi Ekowisata Favorit di Indonesia

5. Karimun Jawa

Karimun Jawa Jepara. Pict by IG @ovieps_
Karimun Jawa Jepara. Pict by IG @ovieps_

Keindahan Karimun Jawa menjadi daya tarik tersendiri sebagai wisata bahari di Pulau Jawa. Daya tarik Karimun Jawa ini terletak pada pantai pasir putihnya lengkap dengan perairan yan jernih. Saking jernihnya, sobat bisa melihat biota laut yang hilir mudik dari atas permukaan airnya. Berbagai kegiatan seru juga bisa sobat lakukan disini, mulai dari bermain air ditepi pantai, berenang, hingga snorkeling untuk bisa mengintip bawah lautnya. Lokasi karimun Jawa ini masih berada di kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

6. Pinus Pengger

Pinus Pengger. Pict by IG @berlianna_ma
Pinus Pengger. Pict by IG @berlianna_ma

Pinus Pengger ini berada di wilayah Yogyakarta yang menawarkan view yang sangat bagus, banyak spot untuk berfoto. Jika pagi hari menyajikan kesejukan alami khas hutan pinus, dan pada malam hari bisa dimanfaatkan untuk berfoto dengan latar lampu-lampu kota. Selain itu, sobat juga bisa bersantap dengan banyak pilihan makanan dan minuman yang disediakan. Lokasinyapun tidak jauh dengan tempat wisata lainnya yaitu Bukit Bintang. Lokasi Pinus Pengger di Jalan Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

7. Curug Cikaso

Curug Cikaso Sukabumi. Pict by IG @farhanvrediansyah
Curug Cikaso Sukabumi. Pict by IG @farhanvrediansyah

Jawa Barat pun banyak menyimpan tempat wisata curug atau air terjun yang cantik, salah satunya adaah Curug Cikaso di Sukabumi. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan wajib sobat datangi karena memiliki view yang begitu indah menawan. Terdapat tiga air terjun yang berdekatan menjadikan pesonanya luar biasa untuk dijadikan lokasi wisata bersama keluarga. Ketika terkena pancaran sinar matahari, jika beruntung sobat dapat melihat pelangi kecil yang menghiasi sekitar area air terjunnya. Lokasi Curug Cikaso di Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

8. Kawah Putih

Kawah Putih Bandung. Pict by IG @zakiican
Kawah Putih Bandung. Pict by IG @zakiican

Sebuah nama tempat wisata yang sudah sangat terkenal di Bandung, Jawa Barat. Ya, Kawah Putih, demikian namanya dikenal. Dinamakan Kawah Putih karena memiliki warna air putih kebiruan yang begitu indah. Untuk sobat yang hendak berkunjung ke sini, diwajibkan mengenakan masker karena bau belerang yang cukup kuat akan tercium. Dengan keindahan panorama di sekitar kawah ini, cocok rasanya sobat mengambil foto dengan berbagai background di tempat ini. Lokasi Kawah Putih ini di Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

9. Lamuk Gunung

Lamuk Gunung Temanggung. Pict by IG @faza05
Lamuk Gunung Temanggung. Pict by IG @faza05

Di daerah Temanggung, Jawa Tengah tepatnya di Desa Legoksari terdapat destinasi wisata Lamuk Gunung. Di tempat ini, sobat akan disuguhkan pemandangan hijau nan asri dari perkebunan tembakau yang luas membentang. Sobat juga dapat berinteraksi dengan para petani yang sedang bekerja merawat tanaman tembakau di kebunnya. Suasana yang serba menghijau dan udara yang bersih khas daerah pegunungan akan dapat sobat nikmati di Lamuk Gunung ini. Inilah rekomendasi 9 tempat wisata terbaik di Pulau Jawa yang wajib dikunjungi oleh sobat saat musim libur tiba nanti.

 

 

**Editor: Ed Ward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kodepublik Renungan Harian yamaha kodepublik motor terbaru yamaha promo yamaha yamaha fazzio yamaha grand filano yamaha all new nmax 155 yamaha all new aerox 155 yamaha xmax 250 yamaha lexi yamaha mio m3 125 yamaha gear 125 yamaha freego 125 yamaha x ride 125 yamaha fino 125 yamaha vega force yamaha jupiter z1 yamaha mx king 150 yamaha all new r15 yamaha r25 yamaha mt15 yamaha mt25 yamaha vixion wr155r maxi day berita yamaha event yamaha blue core vva my yamaha y connect bengkel resmi yamaha dealer resmi yamaha yamaha dds jakarta yamaha flagship shop yamaha cempaka putih yamaha nouvo yamaha cbu yamaha genset yamaha indonesia yamaha jakpus yamaha jakarta pusat yamaha motor jakarta yamahajabodetabek yamahajabodetabek.id yamaha sky yamaha service kunjung komunitas yamaha harga motor yamaha price list yamaha ccu yamaha yamaha tricity yamaha sparepart yamaha service program yamaha smk binaan yamaha yamaha tukar tambah yamaha trade in yamaha matic yamaha maxi yamaha classy yamaha off road yamaha moped yamaha retro yamaha sport motor modif yamaha touring yamaha city ride yamaha yamaha racing yamaha apparel html yamaha mtx yamaha yamaha power product yamaha ev yamaha electric vehicle yamaha e01 yamaha test ride tentang yamaha yamaha genuine parts oli yamaha yamahalube blu cru yamaha jingle competition yamaha contact center layanan hotline yamaha customer service yamaha yamaha day ulang tahun yamaha birthday yamaha yamaha online shop yamaha music yamaha xabre yamaha all new soul gt yamaha jupiter mx yamaha aerox cybercity lowongan yamaha yamaha semakin di depan yamaha revs your heart yamaha gaspol kredit yamaha diskon gaspol Portal Berita Tangerang Selatan