Mengenal Jan Meyer Saragih Peraih IPK Tertinggi ITB di Wisuda Pertama 2021

Megapolitan, Spot19 – Institut Teknologi Bandung (ITB) pada hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2021 yang lalu melangsungkan Wisuda Pertama Tahun Ajaran 2021/2022.

Kampus ITB / https://www.itb.ac.id/
Kampus ITB / https://www.itb.ac.id/

Adalah Jan Meyer Saragih, mahasiswa program studi Teknik Informatika yang lulus dengan IPK 3,98 dinobatkan sebagai mahasiswa peraih IPK tertinggi.

Baca juga: 6 Universitas Teknologi Informatika Terbaik di Indonesia

Meyer yang menjadi perwakilan wisudawan dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) berkata “Awalnya saya tidak menyangka menjadi wisudawan dengan IPK tertinggi. Perasaan saya kaget dan senang juga tentunya. Setelah kuliah 4 tahun, ternyata saya bisa mendapat IPK tertinggi yang menurut saya merupakan pencapaian yang cukup baik,”

Jan Meyer Saragih / @https://www.itb.ac.id/
Jan Meyer Saragih / @https://www.itb.ac.id/

“Sebenarnya saya merasa kurang pandai dalam membagi waktu,” ujarnya saat diwawancara Humas ITB.

Meyer merasa dirinya kurang aktif dalam organisasi, juga tidak aktif di UKM, sehingga waktu luang yang ia miliki cukup banyak yang dimanfaatkannya untuk belajar.

Bukan hal mudah untuk mencapai IPK tertinggi. Meyer menerapkan cara belajar dengan mencatat materi di kelas dan tidak hanya mendengarkan saja.

Mencatat lebih baik daripada hanya mendengarkan saja, menurut Meyer.

Selain itu, tips lainnya adalah beberapa hari sebelum ujian, catatan yang telah ia buat sebelumnya akan dibaca-baca kembali.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Dunia 2022 Versi QS WUR

Ia merasa tidak begitu berbeda dengan cara belajar teman-temannya, bahkan Meyer pun belajar bersama teman-temannya.

“Terkadang saya mengajarkan teman ketika sedang belajar bareng sehingga mengulang kembali pelajarannya,” ucap Meyer.

Kesan Meyer selama empat tahun ITB adalah pertama-pertama saat Tahap Persiapan Bersama (TPB), perasaannya begitu bahagia bisa masuk ITB.

Lanjut tingkat kedua jauh lebih rumit dari tingkat pertama, TA yang tertunda sempat membuatnya putus asa, dari yang awalnya berencana lulus di bulan Juli.

Merasa keteteran dalam mengerjakan tugas-tugas mata kuliah. Semua itu akhirnya bisa ia lalui sampai lulus dan bisa menjadi wisudawan dengan IPK tertinggi.

Rencana Meyer awalnya berpikir untuk melanjutkan studi setelah lulus.

Tetapi sekarang ia terpikirkan untuk bekerja dahulu 1-2 tahun, baru nanti melanjutkan studi.

“Lega rasanya lulus dari ITB. Pada akhirnya tugas akhir selesai juga. Bahagia dapat membantu orang tua yang telah membiayai saya sampai lulus,” ujar Meyer saat ditanya perasaannya saat ini.

Meyer menyampaikan pesan untuk wisudawan lainnya.

“Dengan berhasilnya kita lulus di Wisuda Oktober tahun ini, membuktikan bahwa inilah hasil terbaik dari perjuangan kita. Semoga ke depan semangatnya tetap terjaga, terus berusaha lagi untuk membangun Indonesia yang lebih baik.”

Sumber: https://www.itb.ac.id/berita/detail/58231/cara-belajar-jan-meyer-saragih-peraih-ipk-tertinggi-wisuda-oktober-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kodepublik Renungan Harian yamaha kodepublik motor terbaru yamaha promo yamaha yamaha fazzio yamaha grand filano yamaha all new nmax 155 yamaha all new aerox 155 yamaha xmax 250 yamaha lexi yamaha mio m3 125 yamaha gear 125 yamaha freego 125 yamaha x ride 125 yamaha fino 125 yamaha vega force yamaha jupiter z1 yamaha mx king 150 yamaha all new r15 yamaha r25 yamaha mt15 yamaha mt25 yamaha vixion wr155r maxi day berita yamaha event yamaha blue core vva my yamaha y connect bengkel resmi yamaha dealer resmi yamaha yamaha dds jakarta yamaha flagship shop yamaha cempaka putih yamaha nouvo yamaha cbu yamaha genset yamaha indonesia yamaha jakpus yamaha jakarta pusat yamaha motor jakarta yamahajabodetabek yamahajabodetabek.id yamaha sky yamaha service kunjung komunitas yamaha harga motor yamaha price list yamaha ccu yamaha yamaha tricity yamaha sparepart yamaha service program yamaha smk binaan yamaha yamaha tukar tambah yamaha trade in yamaha matic yamaha maxi yamaha classy yamaha off road yamaha moped yamaha retro yamaha sport motor modif yamaha touring yamaha city ride yamaha yamaha racing yamaha apparel html yamaha mtx yamaha yamaha power product yamaha ev yamaha electric vehicle yamaha e01 yamaha test ride tentang yamaha yamaha genuine parts oli yamaha yamahalube blu cru yamaha jingle competition yamaha contact center layanan hotline yamaha customer service yamaha yamaha day ulang tahun yamaha birthday yamaha yamaha online shop yamaha music yamaha xabre yamaha all new soul gt yamaha jupiter mx yamaha aerox cybercity lowongan yamaha yamaha semakin di depan yamaha revs your heart yamaha gaspol kredit yamaha diskon gaspol Portal Berita Tangerang Selatan